Apakah Membaca Al-Asmaul Husna Bisa Mendatangkan Jin (Khodam) ?

Membaca Al-Asmaul Husna Bisa Mendatangkan Jin ?

Tanya:

Benarkah asmaul husna dapat mendatangkan jin (khodam), lalu bagaimana pendapat yang jelas?

Jawab:

Alhamdulillah rabbil ‘aalamiin, washshalaatu wassalaamu ‘alaa rasuulillah, wa ‘alaa aalihii wa shahbihi ajma’iin.

Seorang muslim tidak diperkenankan berbicara, mengamalkan atau meyakini sesuatu yang berkaitan dengan nama-nama Allah kecuali dengan dalil dari Al-Quran dan As-Sunnah yang shahihah.

Dan tidak ada dalil yang shahih yang menunjukkan bahwa Al-Asmaaul Husnaa digunakan untuk mendatangkan jin atau khodam.

Bahkan ini termasuk penyelewengan dalam menggunakan nama-nama Allah ta’aalaa.

Allah ta’aalaa berfirman:

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ [الأعراف/180]

Artinya: “Hanya milik Allah asma-ul husna, maka mohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. 7:180)

Adapun keberhasilan sebagian orang dalam mendatangkan jin dengan membaca Al-Asmaaul Husnaa maka ini tidak bisa dijadikan dalil, karena kedatangan jin tersebut bukan karena Al-Asmaul Husnanya, akan tetapi ada faktor lain, seperti membaca Al-Asmaaul Husnaa dicampur dengan nama jin, atau mantra-mantra yang mengandung kesyirikan.

Berkata Syeikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-Badr hafizhahullah:

وقد يغلو بعض الناس في هذا الباب فيزعمون أن لكل اسم من أسماء الله الحسنى خواص وأسرارا تتعلق به، وأن لكل اسم خادما روحانيا يخدم من يواظب على الذكر به….وهذا فتح لباب الخرافة على مصراعيه، بل إن كثيرا من السحرة والمشعوذين دخلوا من هذا الباب كيدا للناس وتحصيلا للمطامع ونشرا للشر

“Dan sebagian manusia berlebih-lebihan dalam bab ini (al-asmaul husna), mereka menyangka bahwa setiap nama dari nama-nama Allah yang baik memiliki kekhususan dan rahasia-rahasia yang berkaitan dengannya, dan bahwasanya setiap nama tersebut memiliki khadam yang membantu orang yang senantiasa membacanya…, dan keyakinan seperti ini membuka lebar pintu khurafat, bahkan sesungguhnya kebanyakan tukang sihir dan dukun-dukun menggunakan cara ini untuk menipu manusia, menghasilkan apa yang mereka inginkan, dan menyebarkan kejahatan” (Fiqh Al-Asmaaul Husnaa hal:68)

Dan seorang muslim hendaknya meninggalkan perbuatan meminta bantuan jin, meskipun untuk tujuan yang diperbolehkan, karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah melakukannya, demikian pula para sahabat beliau radhiyallahu ‘anhum. Dan juga dikhawatirkan terjerumus dalam hal yang terlarang seperti kesyirikan, karena sangat lihainya jin menipu dan menyesatkan manusia dari jalan Allah. Wallahu a’lam.

Abdullah Roy

Sumber: Tanya Jawab Agama Islam

Wakaf Quran Membalut Pilu Korban Gempa Palu, Sigi dan Dongala

Program Wakaf Quran Membalut Pilu Korban Bencana Gempa di Palu, Sigi dan Dongala

Sudah hampir setengah tahun berlalu, bencana gempa di Palu, Sigi dan Donggala ternyata masih menyisakan kepiluan dikarenakan menurut data BPBN hampir 223.751 orang masih mengungsi di 122 titik, dengan kondisi hidup di tenda-tenda dan hunian sementara (HUNTARA).

Memang perekonomian warga sudah mulai pulih tetapi masih ada saudara-saudara kita yang hidupnya susah karena efek bencana gempa, tsunami dan likufikasi.

Alhamdulillah masih banyak lembaga-lembaga sosial dan relawan yang masih bertahan dan membantu para pengungsi.

Salah satu kegiatan lembaga yang membantu para korban adalah Lembaga Amil Zakat (LAZ) al Hilal. Kegiatan tersebut adalah membagikan 2000 al Quran untuk para pengungsi dan masyarakat terdampat gempa, tsunami dan likufikasi di Palu, Sigi dan Donggala. Kegiatan ini bertujuan agar bisa memperkuat keimanan dan rohani para pengungsi. Semoga alquran yang diwakafkan bisa meberikan ketenangan bhatin para pengungsi.

Kegiatan berlangsung dari tanggal 26 Sampai 29 Maret 2019. Kegiatan hari pertama di pusatkan di Kabupaten Sigi Sulawesi. Kami membagikan Al Quran di daerah Balaraya, Petobo dan Zenoge.

Hari Kedua kami membagikan al Quran di daerah Palu yaitu lokasi pengungsian di depan Masjid Agung Palu, di balaroa yang terkena dampak likufikasi dan masjid-masjid juga sekolah di sekitar Palu.

Hari ketiga kami membagikan Wakaf Al Quran kedaerah Donggala, menyusuri pantai dan naik ke pegunungan menyiris pengungsian yang masih terdampak gempa.

Semoga kegiatan Sebar Wakaf al Quran ini bisa menjadi bekal kehidupan secara bhatin dan menguatkan mental apalagi menjelang bulan Ramadhan. Kami juga ucapkan terima kasih kepada para donatur yang sudah menitipkan bantuanya berupa alQuran semoga Allah membalas dengan limpahan keberkahan dan menjadi amal jariyah yang mengalir pahalanya sampai yaumil akhir, Amiin…

LAZ Al-Hilal Mengirim Wakaf Quran untuk Warga Sulawesi Selatan

Tebar Senyum Tebar kepedulian Tebar Wakaf Al-Quran.

Tanggal 26 hingga 30 Maret 2019 Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Al Hilal mengirimkan tim wakaf qur’an dalam pelaksanakan program sebar wakaf 2000 mushaf al-quran ke Palu, Donggala, sigi, dan beberapa kota lainnya di Sulawesi tengah.

Kegiatan sebar wakaf qur’an selain dilakukan dengan mengundang masjid dan pesantren ke posko al hilal, tim juga bergerak langsung ke masjid, pesantren, rumah qur’an, sekolah dan pengungsian atau hunian sementara (HUNTARA).

Tiga hari lamanya kita berada di Sulawesi Selatan bercengkrama dengan banyak saudara. Tepatnya Dikota Palu kita mendirikan posko. Tidak banyak yang kami lakukan untuk saudara-saudara di Sulawesi Selatan. Hanya membantu sedikit saja dan itu pun hanya sekedar menyampaikan amanah dari para donatur Yayasan Alhilal.

Disana kami mengunjungi beberapa titik bencana, melihat kondisi yang sudah mulai dibangun. Terutama beberapa fasilitas umum seperti Masjid. Kami tebar quran ke beberapa titik daerah yang membutuhkan seperti, balaroa, petobo, donggala.

Semoga Bencana yang menimpa Sulawesi Selatan terkhusus untuk Palu, Sigi, dan Donggala, dapat memberi kita banyak renungan panjang. Dan semoga apa yang kami sedikit lakukan bisa menambah pahala kebaikan terkhusus untuk para muwakif. Amiin…~

LAZ Al-Hilal Mengirim Wakaf Quran untuk Warga Palu & Donggala

Setelah 6 bulan bencana gempa tsunami palu dan donggala, sedikit demi sedikit keadaan disana mulai membaik, walopun demikian kondisi masjid masjid disana masih memperihatinkan, begitupun kebutuhan akan kitab suci alqur’an sangat diperlukan.

Tanggal 26 hingga 30 Maret 2019 Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Al Hilal mengirimkan tim wakaf qur’an dalam pelaksanakan program sebar wakaf 2000 mushaf al-quran ke Palu, Donggala, sigi, dan beberapa kota lainnya di Sulawesi tengah.

Kegiatan sebar wakaf qur’an selain dilakukan dengan mengundang masjid dan pesantren ke posko al hilal, tim juga bergerak langsung ke masjid, pesantren, rumah qur’an, sekolah dan pengungsian atau hunian sementara (HUNTARA).

Ada puluhan masjid dan tempat lainnya yang telah mendapatkan wakaf al-quran diantaranya :

  1. Masjid Al Mukaram Sigi
  2. Masjid Al Ikhlash Ganogo Palu
  3. Masjid Ar Rahman Donggala
  4. Masjid Al Ishlah Untad
  5. Ponpes Al Khairat
  6. Masjid Al Hidayah Palu Timur
  7. Masjid Baiturahman Mantikulore
  8. Masjid Ummul Khairat Ulujadi
  9. Masjid At Ta’awun Palu Timur
  10. Masjid Baitul Haq Lasoani
  11. TPQ Al Ma’ruf Lasoani
  12. Masjid Al Istiqomah Palu
  13. Masjid Babul Khairat Palu
  14. Masjid Miftahul Bustan Donggala
  15. Masjid Nurul Bahri
  16. Nurul Ilmi
  17. TPA Al Hasanah
  18. TPA Sabilillah
  19. Ponpes Nurul Falah
  20. Karya Thayyibah
  21. Masjid An Nur
  22. Masjid An Nawir Qulub
  23. Masjid Al Bakri
  24. Masjid Al Haseb
  25. Masjid Sementara di Petobo
  26. Masjid Sementara di Donggala
  27. Pengungsi di masjid jami kota palu

Selain masjid dan pesantren tim wakaf qur’an alhilal juga memberikan langsung kepada masyarakat di daerah yang terkena gempa tsunami.

LAZ Al-Hilal Bandung Bantu 2.000 Al-Qur’an untuk Korban Pasigala

Yayasan Al-Hilal Bandung bekerja sama dengan Al-Irsyad dan Wanita Al-Irsyad Palu, membagikan bantuan al-Qur’an sebanyak 2.000 buah untuk masyarakat Kota Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala), Sulteng.

2.000 al-Qur’an itu akan dibagikan selama tiga hari, sejak Rabu (27/3) kemarin, untuk masyarakat Pasigala terkhusus yang menjadi korban bencana gempa 7,4 SR, tsunami dan likuefaksi, pada 28 September 2018 lalu.

“Al-Qur’an ini merupakan bantuan dari donatur Yayasan Al-Hilal, melalui program Waqaf Al-Qur’an. Dimana setiap donatur menyumbangkan Rp100.000 untuk pembelian setiap al-Qur’an yang akan disumbangkan,” kata Ketua Yayasan Al-Hilal Bandung, H Nandang, kepada Suarapalu.com, Kamis (28/3).

Selain diberikan kepada masyarakat Pasigala yang menjadi korban bencana di posko-posko pengungsian, al-Qur’an tersebut juga diberikan untuk masjid, Taman Pengajian Anak (TPA), PAUD, sekolah dan semua tempat yang sangat membutuhkan al-Qur’an tersebut.

“Kami berikan kepada siapa saja yang sangat membutuhkan al-Qur’an ini. Sebab, selain maksud ingin membantu, kami juga menginginkan agar masyarakat Pasigala, lebih senang dan meningkatkan minat mereka dalam membaca ayat-ayat suci al-Qur’an,” jelas Nandang.

Sehingga, lanjutnya, masyarakat Pasigala yang belum lama terkena bencana, dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, lewat membaca al-Qur’an.

“Selain mendapatkan pahala, membaca al-Qur’an juga bisa membuat hati serta pikiran kita tenang serta dapat dijadikan trauma healing buat korban Pasigala. Terlebih khusus, buat masyarakat yang saat ini masih berada di posko-posko pengungsian,” imbuhnya.

Nandang berharap, bantuan al-Qur’an tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat Pasigala, khususnya bagi korban yang terdampak langsung bencana. Begitupun bagi masjid, sekolah, TPA, PAUD dan tempat-tempat penyaluran bantuan al-Qur’an tersebut. (Taf)