Tips dan Trik Menjaga Hafalan yang Mudah Dilakukan

Pernahkah mengalami hilang hafalan Al-Quran? Padahal sebelumnya kita sudah menghafal sampai beberapa juz atau bahkan 30 juz. Ingat dan lupa sejatinya sudah menjadi satu kesatuan dan hukum alam yang akan terus beriringan. Tapi bukan berarti kita tidak bisa untuk menghilangkan sifat lupa tersebut, salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah menghindarinya.

Tips dan trik ini bukan berarti untuk yang sudah memiliki hafalan saja, tetapi yang ingin menghafal juga penting untuk mengetahuinya. Agar bisa menghindari dan mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Selain untuk para putra putri, tips dan trik ini juga akan berguna bagi orang dewasa. Berikut beberapa tips dan trik menjaga hafalan agar tidak mudah lupa.

1. Mempraktikkan dalam Sholat

Tips dan trik yang pertama yaitu mempraktikkan dalam shalat. Ini salah satu tips yang paling mujarab. Di dalam shalat wajib maupun shalat sunnah ada baiknya kita sesekali membaca surat-surat yang panjang. Karena mengulang-ngulang hafalan termasuk pada menjaga hafalan. Semakin sering dibaca, Insya Allah hafalan tidak mudah lepas dari ingatan.

2. Membaca Di manapun dan Kapanpun

Selain membaca tanpa melihat Al Quran, kita juga bisa melakukan cara mendengarkan murrotal Al Quran. Apalagi bagi seorang hafidz, membaca Al Quran adalah sebuah kemudahan. Bisa sambal mengendarai, di dalam bus, saat bekerja, kecuali saat di toilet. Membaca Al Quran juga termasuk dzikir yang paling utama seperti dalam hadits:

عنْ تَمِيمٍ الدَّارِىِّ رضى الله عنه قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ –صلىالله عليه وسلم– « مَنْ قَرَأَ بِمِائَةِ آيَةٍ فِى لَيْلَةٍ كُتِبَ لَهُ قُنُوتُ لَيْلَةٍ» 

“Tamim Ad Dary radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” (HR Ahmad)

3. Menjaga Pandangan

Pandangan adalah jendela hati. Menjaga pandangan berarti menjaga hati. Saat kita ingin menjaga hafalan tentu kita harus menjauhkan diri dari perbuatan yang bisa membuat hafalan hilang. Maksud dari menjaga pandangan yaitu menghindari mata untuk melihat sesuatu yang tidak bermanfaat dan mengandung mudharat.

4. Menjaga Lisan

Setelah menjaga pandangan, tips dan trik selanjutnya yaitu menjaga lisan. Dari menghafal Al Quran maka setiap ucapan yang kita keluarkan adalah ayat-ayat Allah. Menghafal Al Quran juga bisa menjauhkan diri dari berdebat, ghibah, menghina yang merupakan maksiat. Jika kegiatan negative tersebut dilakukan maka bisa saja hafalan kita hilang.

5. Murajaah

Sediakan waktu khusus misalnya 10 menit setelah shalat maghrib atau subuh untuk murajaah. Mengulang-ulang bacaan Al Quran yang sudah dihafalkan. Biasanya dengan cara ini bisa lebih yakin akan hafalan dan menguatkan hafalan Al Quran.

Tips Cara Menghafal Al Quran 30 Juz, Cepat Hafal

Setiap umat Islam tentu mengetahui kenikmatan dan keutamaan apa saja jika menjadi Hafidz Quran.

Namun untuk memulai menghafal Al Quran tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang orang-orang menggunakan alasan umur sebagai penghambat menghafal Al Quran karena kurangnya daya kemampuan mengingat.

Meskipun begitu ada banyak tips untuk menghafal Al Quran bagi pemula. Tidak banyak tidak apa-apa yang terpenting ada ayat yang bisa kita hafalkan setiap harinya.

Karena sayang jika kita tau keutamaan dan manfaat bagi penghafal Al Quran kemudian tidak kita lakukan. Masih ingat dengan kisah Imam Syafi’I, ternyata Imam Syafi’I juga pernah mengalami kesulitan dalam menghafal Al Quran. Padahal beliau menghafal Al Quran sudah sejak usia 7 tahun.

Cerita mengenai Imam Syafi’I terangkum dalam kitab I’anatuth Tholibin yang isinya, “Aku pernah mengadukan kepada Waki’ (guru) tentang jeleknya hafalanku. Lalu beliau mengatakan untuk meninggalkan maksiat. Beliau memberitahukan padauk bahwa ilmu adalah cahaya, dan cahaya Allah tidaklah mungkin diberikan pada ahli maksiat.”

Dari cerita singkat tersebut, bahwa bisa saja itu terjadi pada kita karena maksiat yang kita lakukan. Selain itu, Allah pula menjamin bahwa ayat-ayat Al Quran mudah untuk dipelajari, jika mengalami kesulitan bisa saja cara yang kita pakai lah yang belum sesuai.

Berikut ini beberapa tips cara menghafal Al Quran cepat hafal:

1. Niat Ikhlas Karena Allah Ta’ala

Dalam hadits disebutkan bahwa segala sesuatu itu tergantung pada niatnya. Jika kita berniat menghafal Al Quran untuk mendapat pujian maka sulitlah untuk menghafalnya. Niat yang lurus dan ikhlas karena Allah maka setiap kesusahan dalam menghafal tidak akan menjadi penghalang untuk melanjutkannya.

2. Shalat Hajat

Setelah memiliki niat yang baik, selanjutnya laksanakanlah shalat hajat. Mohonlah kepada Allah untuk dimudahkan dalam menghafal Al Quran. Dengan niat dan dibarengi shalat hajat insya Allah dimudahkan dalam menghafal, karena pemiliki Al Quran adalah Allah maka kita meminta kepada pemiliknya agar dimudahkan.

3. Memperbaiki Bacaan

Cara selanjutnya yaitu memperbaiki bacaan. Sebelum menghafal tentu kita harus mengakrabkan diri dengan Al Quran, mulai dari memperbaiki bacaan agar tidak keliru dalam pelafalan dan nantinya akan berpengaruh pada pengartian ayat.

4. Menggunakan 2 Metode Menghafal

Ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk menghafal Al Quran. Namun, secara umum metodenya ada 2. Pertama menghafal per halaman dan per ayat. Dalam menghafal per halaman kita diharuskan membaca dengan tartil 1 halaman kemudian diulang 3 sampai 10 kali. Kemudian di hafal dan dianjurkan menggunakan mushaf Madinah. Untuk menghafal per ayat juga tidak jauh berbeda setelah menghafal 1 halaman kemudian diulang lagi untuk memperkuat hafalam.

5. Menarget Hafalan

Di tengah perjalanan menghafal Al Quran biasanya kita mengalami kesulitan. Sulit menghafal atau mudah lupa hafalan. Maka dari itu, kita harus membuat target dalam sehari berapa ayat yang harus kita hafalkan dan diulang lagi agar tidak cepat lupa. Dan jangan lupa untuk membacanya di setiap shalat 5 waktu.

5 Manfaat Menghafal Al Quran Menurut Hadits dan Quran

Al Quran bagi umat Islam dijadikan pedoman hidup dan pelengkap dari kitab-kitab sebelumnya.

Membaca, menghafal, dan mengamalkan Al Quran merupakan sebuah kewajiban bagi umat Islam. Karena di dalam Al Quran terdapat apa saja yang harus kita lakukan, baik dan buruk, juga berbagai macam ilmu pengetahuan seperti kesehatan, sejarah, politik dan ilmu lainnya.

Maka dari itu Al Quran disebut sebagai petunjuk dari segala aspek kehidupan manusia.

Saat ini sudah banyak orang yang ber Wakaf Quran dan banyak anak-anak yang mulai menghafal Al Quran. Karena kedua orang tua mereka sadar betul akan manfaat menghafal Al Quran.

Adapun beberapa manfaat menghafal Al Quran akan dijelaskan di bawah ini:

1. Menjadi Penjaga Al Quran

Al Quran diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad, dan sejak diturunkannya Al Quran hingga masa nanti baik isi dan kandungannya tidak boleh berubah. Itu sebabnya mengapa penghafal Al Quran disebut juga sebagai penjaga Al Quran.

2. Mendapat Nikmat di Dunia

Dalam sebuah hadits menyebutkan bahwa Allah memperbolehkan seorang hamba untuk iri pada hamba lainnya yang sudah menghafal Al Quran, karena Allah akan senantiasa memberi kemudahan baginya. Sebagaimana dalam hadits berikut :

“Tidak boleh seseorang berkeinginan dalam dua perkara, menginginkan seseorang yang diajarkan oleh Allah kepadanya Al Quran kemudian ia membacanya sepanjang malam dan siang, sehingga tetangganya mendengar bacaannya, kemudian ia berkata, ‘Andaikan aku diberi sebagaimana si fulan diberi, sehingga aku dapat berbuat sebagaimana si fulan berbuat.”

(HR. bukhari)

3. Menjadi Seseorang yang Berilmu

Manfaat menghafal Al Quran lainnya yaitu seseorang dipandang lebih bukan dari hartanya, tetapi dari ilmunya. D

alam Al Quran, orang yang menghafal pun mendapatkan tempat yang istimewa. “Sebenarnya, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Ankabuut 29:49).

4. Memberi Derajat dan Wibawa yang Baik

“Orang-orang yang hebat dalam membaca Al Quran akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan dan taat pada Allah SWT dan orang-orang yang terbata-bata membaca Al Quran lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala.”

(HR Bukhari)

Jika para malaikat saja sudah senang untuk mendekatinya apalagi manusia. Seorang penghafal Al Quran akan disenangi, disayangi, dan dikagumi banyak orang karena ingin memiliki kemampuan yang sama.

5. Menjadi Orang Pilihan Allah

Manfaat menghafal Al Quran juga disebutkan menjadi orang pilihan Allah. Sama halnya dengan mendapat hidayah dari Allah, hanya ditujukan pada orang-orang pilihan saja, begitupun dengan menjadi hafidz atau penghafal Al Quran.

“Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, ‘Siapakah mereka ya Rasulullah?’ Rasul menjawab, ‘Para ahli Al Quran. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan Nya.” (HR. Ahmad).